Minggu, 11 Oktober 2020

Contoh Teks Deskriptif

1

 Huwala teman-teman!

Ada yang baru nih, iya blognya ku ganti namanya. Dari Diary Pelajar: Catatan Absurd Pelajar Gagal Gaul jadi Buku Tugas: Catatan Absur Mahasiswa Gagal Gaul. Kenapa? Karena ya pengen aja, wkwkwk. Kalau pake Diary Pelajar kurang terlihat dewasa huahaha. Kenapa judulnya jadi Buku Tugas? Karena nantinya entri blog ini akan diisi beberapa tugas dari dosen. Apakah ini akan menghilangkan shitposting lagi seperti unggahan-unggahan sebelumnya? Oh tentu tidak dong, nanti kalau aku mood pasti nulis hal-hal bego lagi. Sekarang mau kelihatan agak intelektual dulu ya teman-teman (Nggak pakai guys, biar kelihatan intelek) 

Jadi di publikasi terbaru ini aku mau berbagi contoh teks deskripsi. Udah pada tahu belum teks deskripsi itu apa? Jadi teks deskripsi adalah ... Googling sendiri :v Jangan manja! Soalnya di sini aku mau ngasih contoh, bukan ngasih penjelasan huahahaha. Baiklah teman-teman, berikut beberapa contoh teks deskripsi:

A. Deskripsi Orang

Namanya Nila Hanik Atun Ni'mah, aku biasa memanggilnya Nila, dia adalah teman satu kamar kos denganku. Dia berasal dari Kabupaten Pati, alumni MA Raudlatul Ulum, satu alamamater denganku. Sekarang menempuh studinya di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta prodi Akuntansi. Usianya tidak jauh beda denganku, tepat di tanggal 28 Sepetember 2020 dia genap 19 tahun. 

Perawakannya lebih kecil dariku, tingginya 156 cm dengan berat badan 43 kg. Dia manis, kulitnya sawo matang, berhidung mancung, punya tahi lalat di area dagu. 

Nila aktif di bidang akademik maupun non akademik. IPnya tidak pernah kurang dari 3, tapi pengalaman organisasinya luar biasa. Dia disukai banyak teman-temannya sebab rendah hati, pengertian, dan penyayang. 

Waktu luangnya sering dihabiskan untuk menonton drama Korea puluhan episode, dia memang menyukai hal-hal yang berbau Korea. Tak jarang juga memutar lagu-lagu Korea jika sedang jenuh dengan tugas-tugas kuliah.


Hayo, coba tebak. Nila yang mana?

B. Deskripsi Tempat

Ini adalah kamarku, lebih tepatnya kamar indekosku. Letaknya tidak jauh dari kampus UNY pusat, indekosku berjarak 3 km dari sana. Lokasi tepatnya berada di Demangan, Gondokusuman, Kota Yogyakarta. 

Kamarku cukup luas, ukuran luasnya sekitar 4×4 meter. Pintunya terletak di sebelah timur, berupa  kayu dengan pelitur coklat, di atas pintu terdapat 3 lubang ventilasi. Dinding sebelah timur kamarku terdapat jam dinding dan diapit oleh dua buah pajangan kayu. Sementara dinding seberangnya terdapat kaca untuk pencahayaan kamar. Di dinding bagian selatan terdapat cermin persegi panjang dengan bingkai berwarna putih. Di bawahnya terdapat lemari bongkar pasang susun dua berwana putih. Di atas lemari tersebut terdapat kotak riasan. Di sampingnya terdapat lemari kayu berpintu dua berwarna coklat. Kasurnya berada di seberang lemari, dengan dua bantal dan satu guling. Kamar indekosku dicat krem cerah agar memberikan kesan terang, di tiap pojok kamar diberi nuansa abu-abu. 

Aku banyak menghabiskan waktu di kamar indekos, entah itu membaca novel, memutar podcast, atau menonton channel youtube kesukaanku. Aku merasa nyaman di kos, jadi jarang sekali keluar kalau tidak ada hal yang penting. Terlebih sekarang sedang masa pandemi.

Kira-kira begini penampakan indekosku


Jadi itulah teman-teman, dua contoh teks deskripsi dariku. Sekian, jumpa kembali di postingan selanjutanya.

Ciao!



1 komentar:

Siapapun kalian, yang sedang tersesat di blog ini, komentar aja. Jangan ragu atau malu-malu buat komen. Udah komen aja!

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com